Cosplay Research Project
Class Project-Popular Culture and the Everyday-Cost play. Contributed by: Ika Maulida Hidayah, Putri Uswatun Khasanah, Ayu Tri Cahyati, Khalda Aeninnisa, Hafisna Parwindyaboya.
Perkembangan yang pesat dari teknologi media menjadi salah satu faktor yang mempermudah globalisasi masuk ke masyarakat. Dari globalisasi itu, kita pun ter-expose pada macam-macam budaya populer dari berbagai negara. Seperti yang dikatakan oleh Joke Hermes, respons masyarakat terhadap budaya populer sendiri bisa bervariasi (Ida, 2019). Menurutnya, mengkonsumsi budaya populer hanyalah salah satu bentuk pelarian dari rutinitas kita sehari-hari. Sama seperti kesenian umum, orang-orang memilih sendiri genre yang mereka konsumsi dari suatu budaya populer. Selain itu, budaya populer juga sangat berpengaruh dan dapat menciptakan terbentuknya suatu komunitas.Jepang termasuk dalam negara yang paling banyak mengekspor budaya mereka ke dalam masyarakat di seluruh dunia dan banyak digemari oleh orang-orang terutama kaum muda. Di antaranya adalah animasi asal Jepang (Anime), musik Jpop, film, permainan video, makanan, fashion, cosplay , dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dalam mengenai salah satu budaya yang telah disebutkan di atas, yaitu Cosplay.
Contributed by: Ika Maulida Hidayah, Putri Uswatun Khasanah, Ayu Tri Cahyati, Khalda Aeninnisa, Hafisna Parwindyaboya.